Monday, November 2, 2015

Penunjang Pembangunan

Oleh Abdullah Al Mas’ud

PEMBANGUNAN yang terarah berikut tujuan denan rencana dan kerangka dasar serta didukung pembiayaan pembangunan yang cukup akan membawa kemajuan yang jelas dan nyata, Pemerintah Provinsi Lampung membuktikannya. Namun, juga perlu ditunjang stabilitas politik dan keamanan.

ltulah sebabnya tujuan pembangunan tidak lain sesuai dengan Undang-Undang Dasar 1945 adalah untuk meningkatkan taraf hidup kesejahteraan seluruh rakyat yang makin merata dan adil.

Oleh karena itu pemerintah saat ini sedang konsentrasi pada pembangunan bahkan pada pemerataan pembangunan dan hasil-hasilnya yang terintegrasi dan menuju pada keadilan sosial bagi seluruh rakyat.

Infrastruktur merupakan hal yang utama sesuai dengan kondisi daerah. Di Lampung sudah sangat lama rakyatnya mendambakan infrastruktur yang  bagus, jembatan yang kuat dan jalan yang mulus sehingga berpengaruh terhadap pembangunan perekonomian kerakyatan.

Kondisi itu juga sebagai salah satu usaha menumbuhkan ekonomi yang cukup tinggi serta yang terpenting adalah stabilitas daerah yang sehat, dinamis dan tidak semu.

Oleh karena itu pelaksanaan pembangunan yang berjalan saat ini juga berpengaruh terhadap pendapatan yang merata bagi seluruh rakyat sesuai dengan rasa keadilan dalam rangka mewujudkan asas keadilan sosial.

Pemerintahan M Ridho Ficardo masih panjang. Pemerintahan ini terus juga memperhatikan sektor-sektor penting dalam pembangunan lainnya yakni pertanian, industri, pertambangan, transportasi, sektor pembangunan daerah dan kota, agama, pendidikan dan pengetahuan, kesehatan, hukum, penerangan, komunikasi dan lain-lain sektor.

Pembangunan saat ini juga sebagai pembangunan secara otomatis khusus di bidang ekonomi yang menjawab persoalan-persoalan yang ada di dalam masyarakat. Namun, persoalan itu juga perlu ditunjuang sehingga menjadi pembangunan secara hakiki.

Mewujudkan pembangunan secara keseluruhan atau hakiki sebetulnya tak cukup hanya membangun infrstruktur, tetapi juga perlu didukung dengan pembangunan bidang lainnya, misalnya pembangunan di dunia politik dan keamanan, sehingga tak terjadi hal-hal yang rawan dimana menimbulkan keberingasan sosial.

Ada beberapa sektor yang harus diperhatikan, termasuk anggaran pembangunan negara dengan kebijaksanaan pembangunan yang sehat, yakni mengajak semua lapisan untuk sama-sama menjaga stabilitas politiki dan keamanan demi menunjang kemajuan ekonomi setelah pembangunan infrastruktur teratasi.

Semoga hal ini dicamkan oleh para eksekutif, legislatif dan yudikatif guna memberi warna kepada perwujudan hasil-hasil pembangunan yang diharapkan oleh rakyat.  []


~ Fajar Sumatera, Senin, 2 November 2015

No comments:

Post a Comment