Wednesday, November 25, 2015

Si Manusia Unik

Oleh Rusidi


KIPRAH, dedikasi dan prestasinya di dunia olahraga tidak perlu diragukan. Baik ditingkat nasional maupun internasional, siapa yang tidak mengenal dengan sepak terjangnya dibelantika olahraga khususnya cabang olahraga Angkat Besi/Berat, Imron ‘Gajah Lampung’ Rosadi. Pria berperawakan kekar dan tambun ini, dikenal memiliki catatan prestasi nasional dan internasional yang sangat mengagumkan.

Disiplin dan kerja keras adalah kunci dari keberhasilan seorang Imron Rosadi, baik sejak masih menjadi atlet atau saat sebagai pelatih. Sebagai pendiri dan pemilik Padepokan Angkat Besi/Berat ‘Gajah Lampung’ Pringsewu, Imron Rosadi telah mengharumkan nama baik daerah Lampung maupun bangsa dan negara Indonesia di kancah internasional. Sering kita melihat dan mendengar berkibarnya bendera merah putih dan berkumandangnya lagu Indonesia Raya, adalah hasil yang diraih para atlet binaanya.

Banyak orang mengenal Imron Rosadi sebagai sosok yang unik dan sulit untuk mensejajarkan para  pembina olahraga di Lampung dengan apa yang telah dilakukannya. Apa yang dapat kita petik dari pelajaran yang telah diperbuat seorang Imron Rosadi. Banyak, banyak sekali yang dapat kita ambil dari sosok Imron Rosadi. Pertama Imron Rosadi adalah seorang tokoh yang memang dilahirkan sebagai seorang olahragawan tulen. Kedua, prinsip yang dipegangnya adalah pembuktian bahwa apa yang dianutnya dan diyakini akan berdampak positif dengan apa yang akan dihasilkannya. Ketiga pengorbanan, disipilin, kerja keras serta tidak sombong.

Suatu ketika teman yang bekerja di sebuah pembiayaan yang berasal dari Jawa Timur dan sedang bertugas di Lampung, sempat berbincang dengan sosok unik yang dimaksud. Perbincangan yang berdurasi hampir setengah jam tersebut ternyata membuat si teman dari Jawa Timur tersebut terkagum-kagum bahkan memuji sosok Imron Rosadi. Menurutnya, banyak pelajaran yang dapat diambil dari hasil perbincangan dengan tokoh fenomenal tersebut.

Hal yang sama juga dirasakan teman dari salah satu media TV nasional yang melakukan pengambilan gambar untuk sebuah acara mengenai otobiografi si manusia unik (Imron Rosadi, red) tersebut. Salah satu host TV nasional tersebut berujar, cara bicaranya tegas dan menggebu, makna kalimat yang diucapkan terlalu mempunyai makna amat dalam. Namun semua bila dicermati, banyak hal dapat ditauladani, terutama kesederhanannya, prinsipnya, etos kerjanya dan kedisipilinannya.

“Banyak pelajaran dan hikmah yang dapat saya ambil dari perbincangan dengan pak Imron Rosadi. Tapi semua harus dicerna dengan cermat dan detail untuk dapat mengetahui dibalik apa yang diucapkan si manusia unik tersebut,” ujar teman dari Jakarta sesaat usai pengambilan gambar.

Mungkin yang dimaksud teman tersebut adalah, pencapaian prestasi tidak perlu dengan bersombong diri, tapi harus menjadi motivasi untuk lebih bekal dikemudian hari. Jangan banyak menuntut apabila kita belum dapat memberikan apa-apa kepada daerah atau negara, tapi tunjukkan terlebih dahulu pencapaian prestasi kita. []


~ Fajar Sumatera, Rabu, 25 November 2015

No comments:

Post a Comment