Wednesday, September 23, 2015

Selamat Hari Raya Idul Adha

Oleh Abdullah Al Mas’ud


TAK terasa, umat Islam sudah menginjak waktu Hari Raya Idul Adha.  Banyak makna yang terkandung dalam hari besar yang disebut juga Hari Raya Kurban atau Hari Raya Haji yang bisa diwujudkan dalam rutinitas sehari-hari.

Memasuki Hari Raya Kurban, tentu ingat pula dengan peristiwa kurban yang identik dengan Nabi Ibrahim as yang mengorbankan putranya Nabi Ismail as. kepada Allah SWT. Ketika hendak disembelih, Allah SWT menggantikan Nabi Ismail dengan seekor domba. Padahal Nabi Ibrahim As. yang sudah lama mengidam-idamkan kelahiran seorang putra, harus menyembelih buah hatinya tersebut demi melaksanakan perintah Allah SWT. Tetapi Allah SWT sudah membalas kepatuhannya tersebut, menggantikan Nabi Ismail dengan seekor domba. Ketakwaan seperti Nabi Ibrahim inilah yang patut kita teladani.

Banyak makna yang tersirat dalam peristiwa itu, di antaranya menghargai betapa pentingnya nyawa manusia. Di hari Idul Adha, bagi Umat Islam yang mampu dianjurkan untuk menyembelih binatang kurban. Pada dasarnya, menyembelih binatang kurban ini mengandung dua nilai, yakni kesalehan ritual dan kesalehan sosial.

Kesalehan ritual berarti dengan berkurban, telah melaksanakan perintah Tuhan yang bersifat transedental. Sedangkan kesalehan sosial, karena selain sebagai ritual keagamaan, kurban juga mempunyai dimensi kemanusiaan.

Perintah berkurban bagi yang mampu ini menunjukkan Islam adalah agama yang respek terhadap fakir-miskin dan kaum dhuafa lainnya. Dengan disyari’atkannya kurban, berarti melatih untuk mempertebal rasa kemanusiaan, mengasah kepekaan terhadap masalah-masalah sosial, mengajarkan sikap saling menyayangi terhadap sesama.

Oleh karena itu, semangat untuk terus ‘berkurban’ senantiasa kita langgengkan pasca Idul Adha. Mari kita jadikan Idul Adha sebagai momentum untuk meningkatkan dua kesalehan sekaligus, yakni kesalehan ritual dan kesalehan sosial.

Akhir kata, seluruh wartawan dan karyawan Fajar Sumatera mengucapkan Selamat Hari Raya Idul Adha. Menghormati Hari Besar Umat Islam itu, kami juga memohon maaf kepada seluruh pelanggan dan pembaca yang budiman karena koran ini tidak terbit.

Semoga di hari raya ini,  Allah Swt menerima kurban kita dan mempertemukan kita dengan  rasul-Nya beserta para sahabat dan shalihin di jannah-Nya. Amiin. []


~ Fajar Sumatera, Rabu, 23 September Juni 2015

No comments:

Post a Comment