Friday, September 18, 2015

Program Yes, Dana No

Oleh Rusidi

BICARA Program, satu hal atau elemen yang tidak lepas dari apa yang menjadi tujuan atau harapan semua pihak. Baik itu orang per orang, individu per individu, organisasi per organisasi ataupun lembaga per lembaga. Baik itu yang pro maupun yang kontra, suka tidak suka tapi semua orang pasti butuh itu yang namanya program guna pencapaian suatu kinerja.

Tapi harus diingat, program tidak dapat berdiri semata atau secara mandiri. Banyak hal yang harus menjadi faktor penentu, apakah suatu program unggulan dapat dijalankan ataupn tidak.  Terserah, apakah itu program kesehatan, pogram pendidikan, program pembangunan infrstruktur atau program pembinaan dibidang olahraga.

Bila kita menyimak apa yang saat ini digembar-gemborkan oleh bangsa Indonesia secara umum, khususnya diberbagai daerah baik itu provinsi, kabupaten/kota dalam bidang olahraga untuk pembinaan guna melahirkan atau menciptakan atlet berprestasi. Bahkan kita tidak jarang dijejali dengan program-program hebat yang penyusunan melibatkan pakar-pakar dibidangnya.

Tapi apakah semua itu dapat dijalankan sesuai dengan apa yang menjadi keinginan baik bagi sipembuat atau penyusun program, ataupun masyarakat luas yang akan menerima dampaknya, terutama masyarakat olahraga. Masih ingat dalam ingatan kita, ada salah satu kabupaten di Lampung yang dana pembinaannya hanya Rp 75 juta pertahun.

Padahal program pembinaan cabor-cabor olahraga sudah dibuat, terus apa yang dapat dilkukan dengan anggaran dana sebesar itu. Ini jelas program unggulan yang dibuat tidak akan berjalan seperti apa yang diharapkan. Untuk itu dibutuhkan penyelarasan antara program dan anggaran dana yang menyesuaikan dengan program yang dibuat.

Bahkan seorang Profesor yang diakui kualitasnya pernah berkata, “Program kerja harus sebanding lurus dengan ketersediaan anggaran dana. Maksudnya, perencanaan pembuatan suatu program harus dilandasi terlebih dahulu dengan ketersediaan dana”. Saat ini terbalik, program yes, dana no....... tidak ada landasan yang kuat untuk menjalankan suatu program. []


~ Fajar Sumatera, Jumat, 18 September Juni 2015

No comments:

Post a Comment