Tuesday, January 26, 2016

Sosok Figur Olahraga

Oleh Rusidi


DI ERA tahun 1980-an, olahraga Lampung mulai mengepakkan sayap dengan melakukan pembenahan. Beberapa pejabat,  pengusaha dan penggiat olahraga Lampung mulai bermunculan dan perannya tidak dapat dikesampingkan. Siapa yang tidak mengenal sosok Marzuli Warganegara, salah satu pengusaha yang turut andil membawa harum nama Lampung dikancah persepakbolaan nasional. Dimana pada PON tahun 1981, Lampung berhasil merebut gelar juara dengan membawa pulang medali emas.

Salah satu pendiri klub sepakbola Jaka Utama dan Perkumpulan Renang Jaka Utama, Marzuli Warganegara saat itu menjadi tokoh atau seorang pengusaha yang benar-benar mau dan peduli terhadap pembinaan olahraga. Sayang apa yang telah dirintis oleh sang ‘pengusaha’ tersebut tidak mampu diteruskan oleh generasi-generasi selanjutnya.  Padahal kiprah para atlet Lampung saat itu benar-benar diperhitungkan oleh atlet daerah lain.

Selain itu juga muncul beberapa sosok orang ‘gila’ yang nota bene-nya bukan berlatar belakang sebagai pengusaha, namun rela berkorban demi sebuah prestasi untuk mengangkat derajat dan mengharumkan nama baik daerahnya. Rochatta Ali sosok figur seorang pendidik yang menjelma sebagai penggiat olahraga tulen. Banyak catatan dan peninggalan yang diberikan sang coboy nan pemberani.

Ada juga sosok wanita yang ikut meramaikan belantika pembinaan olahraga di Lampung. Sebut saja Yenni Dudih dan Farida Abubakar yang menjadi trade mark dan icon-nya olahraga layar dan senam Lampung. Keduanya berhasil membawa prestasi puncak dengan torehan medali emas dibeberapa PON melalui cabang olahraga layar dan senam.

Khusus untuk Farida Abubakar, sosok wanita yang sangat sabar dan ulet dalam melakukan pembinaan demi sebuah prestasi. Bahkan dari buah tangan dinginnya-lah, seorang Yulianti mantan ratu senam Indonesia dilahirkan. Polesan yang tidak kenal lelah, berkorban baik waktu, tenaga, dan materi tidak lagi menjadi perhitungan demi sebuah kebanggaan untuk nama baik, Lampung. Diusia senjanya saat ini, Farida Abubakar masih getol dan bersemangat untuk terus berjuang demi mencetak prestasi walau hanya dibalik layar.     

Dikenal sebagai pembina yang memiliki dedikasi dan loyalitas yang tinggi, terus merekat di tubuh dan jiwa Farida Abubakar. Tentu hal ini sangat sulit bagi kita untuk mencari penggantinya dikemudian hari. Hal yang sama dengan sosok Imron ‘Gajah Lampung’ Rosadi yang namanya sudah beredar di dunia internasional. Berbagai prestasi dunia-pun sudah diraih para lifter binaan Imron Rosadi. Sekarang ini, kita tinggal berpikir, bagaimana untuk mencari kader sebagai regenerasi agar Lampung tidak semakin tertinggal jauh dengan daerah lain. []


~ Fajar Sumatera, Selasa, 26 Januari 2016

No comments:

Post a Comment