Tuesday, October 6, 2015

TNI Kian Dekat

Oleh Abdullah Al Mas’ud


HARI ini seluruh bangsa ini memperingati HUT ke-70 Tentara Naional Indonesia (TNI). Tiap ulang tahun, semua stasiun televisi biasanya menayangkan upacara HUT TNI yang berisi berbagai peragaan berikut atraksi dari darat laut sampai manuver pesawat udara.

Rasanya sudah lama juga tontonan HUT TNI menghilang. Kalau mau menyaksikan atraksi itu harus datang ke lokasi.

Menjadi anggota TNI juga masuk dalam cita-cita yang terhormat karena membela negara. Hinngga kini, banyak siswa yang bercita-cita jadi tentara karena dilatarbelakangi TNI terkesan gagah karena seragamnya memunculkan kegagahan, kemudian sering dijumpai anggota TNI itu berlaku tegas.

Dulu, saya sering menjumpai anggota berseragam militer itu bersikap galak. Kini, tak ada lagi galak. Yang ada TNI kian dekat dengan masyarakat.

Mungkin sebagian dari kita masih ingat tentang ABRI Masuk Desa (AMD)? Kegiatan sosial yang biasa dilakukan oleh tentara di zaman pemerintah Presiden Soeharto. Kali ini, program andalan Orde Baru itu dibangkitkan lagi oleh pemerintah sekarang, namun dengan nama yang berbeda.

Jika dulu namanya ABRI Masuk Desa, kali ini nama kegiatan sosial dari militer itu diganti dengan nama TNI Manunggal Membangun Desa atau TMMD. Kegiatan ini dikerjasamakan dengan Kementerian Pertanian, guna meningkatkan ketahanan pangan di pedesaan.

Sekarang ini, sering juga berita-berita di berbagai media tentang TNI yang turun ke sawah membantu petani, masih dengan seragam militer. Akan lebih baik, jika TNI turun ke swah ada seragam sendiri. Bahkan sering juga menyaksikan langsung TNI yang membantu petani dan masyarakat lainnya.

Tentu semua sepakat, jika kegiatan TMMD bisa menjadi solusi pemerintah untuk meningkatkan ketahanan pangan di pedesaan. Selamat HUT ke-70 TNI. []


~ Fajar Sumatera, Selasa, 6 Oktober 2016

No comments:

Post a Comment