Wednesday, August 12, 2015

Komitmen KONI

Oleh Rusidi


KITA patut beri acungan jempol dengan gerak cepat yang diambil tim formatur hasil Musorprov (Musyawarah Olahraga Provinsi) KONI Lampung yang dikomandoi M Ridho Ficardo selaku Ketua Umum terpilih untuk menyusun kepengurusan KONI Lampung masa bakti 2015-2019. Dari 15 hari waktu yang diberikan oleh perserta Musorprov, tim formatur hanya butuh waktu 5 hari untuk menyusun kepengurusan hingga di sahkan melalui SK KONI Pusat. Luar biasa.

Positif thinking sajalah kita, karena apa yang dilakukan Ketua Tim Formatur dan dibantu dua orang formatur lainnya, tidak lain semata-mata untuk memperbaiki dan memajukan prestasi olahraga Lampung ke tahta yang sebenarnya. Memang bukan pekerjaan ringan, tapi kita semua harus optimis apa yang menjadi niatan baik tentu akan ada balasannya (hasil).

Ada catatan unik yang didapat dari hasil kerja tim formatur, dimana Ketua Umum KONI Lampung menekankan kepengurusan di masa eranya harus memiliki komitmen dan mampu bekerja sama satu antar pengurus. Bahkan Ketua Umum melalui Waketum akan melakukan evaluasi terhadap kinerja pengurus. Hal ini dimaksudkan agar masing-masing pengurus memiliki rasa tanggungjawab yang besar dalam melaksanakan tugas dan fungsinya.

Untuk mengembalikan kejayaan olahraga Lampung dibutuhkan proses pembinaan yang cukup panjang. Tidak seperti apa yang dibayangkan oleh orang-orang bukan pelaku olahraga, yang selalu instan dan tolak ukur juara dan juara. Produk pembinaan yang baik adalah bagaimana menciptakan para atlet dengan talenta dan mental juara. Bukan sebaliknya, menjadi pecundang padahal pertempuran sesungguhnya belum dimulai.

“Lebih baik bermandi keringat saat berlatih, daripada bercucuran darah dimedan laga”. Menggaris bawahi kalimat tersebut, apa yang menjadi harapan cita-cita seorang atlet harus ditopang dengan keseriusan, keyakinan dan bermental baja. Menjadi yang terbaik tidak harus dengan menjadi juara, apa lagi dengan menghalalkan segala cara. Tapi juara sejati harus didapat dengan bekerja keras, disiplin, rendah diri dan selalu menghormati lawan maupun kawan.  []


~ Fajar Sumatera, Rabu, 12 Agustus 2015

No comments:

Post a Comment