Monday, August 3, 2015

Falsafah Pohon Pisang

Oleh Abdullah Al Mas'ud


LAMPUNG sebagai salah satu provinsi penghasil pisang. Berbagai jenis pisang hampir  tiap hari didistribusikan ke Pulau Jawa. Jadi untuk menemukan pohon pisang  di Lampung tak susah karena hampir  di tiap pelosok ada saja yang tumbuh.Selain buahnya enak dan beragam, semua bagian yang ada di pohonnya punya manfaat yang besar.

Daun pohon pisang biasa digunakan pedagang kue sebagai pembungkus dan pedagang makanan sebagai pembungkus pepes.  Kemudian batang pohonnya bias digunakan untuk beragam manfaat, dari hiasan sampai anyaman. Pendek kata, di pohon pisang tak ada yang terbuang sama dengan pohon kelapa.

Pohon pisang, jika dibandingkan dengan batang pohon lainnya, tentu jauh lebih lemah. Sebagai ilustrasi, dibandingkan dengan pohon merbau yang jauh lebih kuat, atau dengan pohon kelapa. Namun, pohon pisang yang berbatang semu, ternyata punya kelebihan dari batang pohon yang jauh lebih keras, seperti pohon kelapa.

Jika diperhatikan lebih jauh, ternyata pohon pisang yang berbatang semu bisa berusia lebih panjang dari pohon lain yang berbatang lebih kuat. Berangkat dari sana, saya sangat tertarik dengan kelebiohan pohon pisang.

Saya salah satu penggemar pisang, karena dari berbagai jenis pisang bisa diolah sesuai dengan jenis. Misalnya, pisang kepok lebih enak di kolak dan goreng, pisang ambon kurang enak jika dikolah atau digoreng.

Kemudian, yang lainnya tak beda dengan pohon kelapa, hampir semua bagian  pohon pisang bisa dimanfaatkan. Tapi ada hal lain yang membuat pohon pisang bagi saya memiliki posisi yang lebih tinggi daripada pohon kelapa.

Bagi yang benar-benar kenal, tentu akan tahu kelebihannya. Ternyata pohon pisang susah dimatikan, beda dengan pohon kelapa. Jika kita menebang batang pohon pisang maka akan tetap hidup dan selalu tumbuh.

Bahkan, ketika batang pohonnya kita hancurkan sekali pun, pohon pisang tetap akan bangkit dan tumbuh lagi. Pohon pisang akan tetap tumbuh lagi selama umbinya tidak hancur.

Jadi, jika diumpamakan dalam kondisi dunia nyata manusia, pohon pisang memiliki semangat juang yang sangat tinggi. Jadi, terus semangat dan berjuang untuk lebih baik. []


~ Fajar Sumatera, Senin, 3 Agustus 2015

No comments:

Post a Comment