Thursday, March 10, 2016

Komitmen Pemimpin

Oleh Rusidi


KEINGINAN Masyarakat Lampung untuk memiliki sarana dan prasarana olahraga yang multi fungsi dan kompleks, tampaknya segera terpenuhi. Komitmen seorang M Ridho Ficardo Gubernur dan juga Ketua Umum Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Provinsi Lampung, untuk membangun apa yang menjadi kebutuhan masyarakat olahraga di Sai Bumi Ruwa Jurai, terus dipegang. Artinya, dunia olahraga Lampung tidak lagi dipandang sebagai komponen pelengkap, tapi sudah menjadi kebutuhan.

Sejak terpilih secara aklamasi sebagai Ketua Umum KONI Lampung, beberapa gebrakan coba dilakukan oleh Gubernur termuda di tanah air ini. Tidak saja bertekad memperbaiki prestasi para atlet Lampung, orang nomor satu di Lampung inipun berjanji akan berusaha keras untuk memperbaiki tingkat kesejahteraan para atlet maupun pelatih berprestasi yang ikut mengharumkan nama baik Lampung diajang nasional dan internasional. Bahkan dalam sejarah anggaran KONI Lampung, baru tahun ini anggaran luar biasa, 55 miliar.

Dengan tegas Ridho mengatakan pemerintah provinsi telah menyediakan 60 an hektar lahan untuk pembangunan kompleks olahraga terbesar di Lampung. Dengan kisaran anggaran sekitar 300-350 miliar, pembangunan tersebut dapat segera direalisasikan pada tahun 2017 mendatang. Bahkan semua pihak sangat mendukung langkah sang Gubernur untuk secepatnya dibangun venue-venue olahraga yang disesuaikan dengan kebutuhannya.

Belum juga selesai pembahasan untuk membangun sport center, sang pemimpin dengan berani mengajukan usulan kepeda pemerintah pusat dalam hal ini Presiden saat melakukan kunjungan kerja di Lampung, terkait pembangunan sport center. Mengejutkan, saat wacana pembangunan sport center disampaikan oleh Ridho, Presiden Jokowi langsung menyetujui untuk segera dibangun apa yang diharapkan masyarakat Lampung.

Bahkan informasinya, dana yang akan digelontorkan oleh pemerintah pusat kisaran 1,5 – 2 triliun. Fantastis, sebuah nominal yang sangat diluar dugaan dan ini harus segera diterjemahkan oleh para pembantu-pembantu kepala daerah. Bahkan Gubernur telah menginstruksikan agar secepatnya pemerintah provinsi untuk mengusulkan dalam bentuk proposal sesuai dengan petunjuk dan arahan sang pemimpin bangsa, Presiden Jokowi.  

Jadi, kita semua harus mendukung dan berdoa agar apa yang telah diperjuangkan oleh Gubernur sejogjanya dapat terealisasi. Artinya, apa yang akan diajukan pemerintah provinsi Lampung nantinya benar-benar disetujui oleh pemerintah pusat. Semoga niat baik seorang pimpinan untuk mensejahterakan masyarakatnya melalui dunia olahraga benar-benar dapat terwujud. []


~ Fajar Sumatera, Kamis, 10 Maret 2016


No comments:

Post a Comment